SALAM KENAL

Assalamu alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Terima kasih sudah mampir ke blog yang sederhana ini.salam sejahtera untuk anda dari saya, dan jangan lupa beri komentar yaaah...

Sabtu, 28 Mei 2011

TERNAK KAMBING KACANG(Domba gembel)


kambing bakalan


Dari setahun yang lalu saya merintis usaha ini.dengan modal yang Cuma 15 ekor biang kambing dari jenis domba gembel,kini sudah mencapai 60 ekor berpariasi,biang anak dan bebaya.Usaha ternak yang umum di masyarakat hanya atau cara tradisional kami mencoba lain dari yang ada.Dengan menggunakan lahan tidur milik pengairan seluas 4000 mtr kami mencoba usaha ternak domba. Dengan cara menanami dengan rumput pakan ternak yaitu rumput gajah. Di samping rumput gajah kami beri makan juga dengan rumput liar seperti rumput benggala dan yang lainnya.


Rumput gajah




Kendala yang kami hadapi adalah masalah penyakit kambing.kami berusaha untuk mencari bagaimana cara mengatasinya dan bagaimana cara memelihara agar kambing selalu sehat dan kebal terhadap penyakit,kini kami sudah menemukan caranya untuk wilayah kami di Kec,Sukatani bekasi,karena setiap daerah mempunyai cara yang berbeda dalam memelihara kambing. Anda ingin tahu cara memelihara kambing untuk wilayah sukatani ,…? Kami siap membagi Tips nya ,silahkan datang k e kami atau hub tlp : 081310781745, 08121082172. Dengan bermodal 15 ekor saja sudah 60 ekor dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun,bagai mana jika 50 ekor indukan? tentunya akan lebih cepat perkembangannya,itupun sudah di kurang dengan yang mati karena waktu itu kami belum menemukan cara yang ampuh itu,di tambah lagi yang sudah terjual ,maka kesulitan kami adalah sekarang tinggal permodalan.Kami menargetkan paling tidak punya 100 ekor biang 1 tahun mendatang yang sudah menjadi 400 ekor 1 thn kedepan,mudah-mudahan.

TIPS MEMELIHARA DOMBA DI DAERAH YANG PANAS

Satu tahun lalu setelah menjalani usaha ini kami sempat putus asa,karena domba yang kami pelihara banyak yang mati serta kondisi domba-domba kami juga kurang sehat.Akhirnya kami berinisiatif untuk mencari tahu dengan mengunjungi peternakan H.Bunyamin di daerah Bogor.sepulang dari sana kami mencoba untuk menerapkan sedikit ilmu yang kami dapat namun juga tidak ada perubahan yang signifikan.sampai suatu hari secara kebetulan teman saya yaitu Bang Mandor (Bapak Yanda) kami memanggilnya ketika sedang menggembala kambing,tiba domba-domba kami masuk ke kandang ayam orang lain.cerita bang mandor "kambing secara rakus memakan sisa dedak pakan ayam,singkat cerita melalui beberapa pemikiran dan pertimbangan akhirnya kami mencoba memberikan minum domba kami dengan campuran satu ember air bersih dengan di campur dedak dan garam kasar secukupnya.Sedang obatnya kami mendapat rekomendasi dari H Bunyamin yaitu yang ada di pasaran yaitu KALBAZEN-SG.
obat cekok kambing dan domba

Alhamdulillah dengan cara yang cukup sederhana dan murah akhirnya domba-domba kami kini sehat-sehat dan tidak ada lagi domba yang lahir 3 ekor harus mati 1 ekor karena kurang susu dari induknya.
Kini setelah 3 tahun berjalan kami sudah memiliki 45 ekor indukan dengan jumlah keseluruhan 150 ekor pada bulan oktober 2012.dan kami prediksi tahun depan bisa tambah indukan 70 ekor. dengan perhitungan 45(indukan X 1.5(yg lahir) - operational(di jual).Itulah tips dari kami yang berupa pengalaman kami beternak domba,Tapi jangan lupa bahwa kita sedang melakukan usaha yang bernyawa, kita harus selalu tawakkal dan pasrah kepada Sang Pemilik nyawa tsb. Karena domba yang tidak bernyawa tidak mempunyai nilai sama sekali. Jadi ketergantungan kita pada yang memiliki nyawa tsb (Allah SWT) sangat besar. mudah-mudahan ada manfaatnya bagi pengunjung blog ini.


ini sedikit gambaran peternakan yang kami jalankan.

dan ini sekitar kawasan peternakan yang mendukung.



11 komentar:

  1. Wah bagus sekali artikelnya..tentu ini sangat membantu bagi mereka yang ingin ternak kambing..

    BalasHapus
  2. saya juga mau beli kambing gembel tapi cuma 1....

    soalnya masi sekolah, jadi cuma bisa beli satu

    BalasHapus
    Balasan
    1. mulailah sekarang juga walau cuma 1

      Hapus
  3. maaf pak boleh belajar ke peternakan bapak, ga pak kebetulan saya lagi d daerah bekasi ? saya mau usaha kambing juga? terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  4. alhamdulillah, terima kasih artikelnya sangat mebantu, semoga menjadi pahala buat antum...

    BalasHapus
  5. masi banyak g mas ...... sy niat mau ternak..... 1 jantan 5 betina nya.....

    BalasHapus
  6. Ass Terma kasih informasinya, rencana sy mau ikut ternak juga Pak.Cuma sy inginnya domba garut, menurut bapak lebih untuk mana secara bisnisnya.

    BalasHapus
  7. Usaha Bagus dan sangat pantas untuk dikembangkan

    BalasHapus
  8. Bagus skali artiklnya gan, maaf bila boleh,kita mw brbagi pngalamn dg pr pternak yth.Sdikit yg kita sayangkan gan,lahan yg sgitu luas hanya ditanmi rumput buat pakan domba,gmna kalo lahan tsb ditanemi pisang misalnya? Kan bs panen pisang tiap hari,dombanya kita kasih pakan debognya yg difermentasi aja. Karna utk domba 10ekor,bs dg 2btg debog/minggu. Dg debog yg difermentasi 1jam,sudah jadi,bs tahan utk pakan puluhan hari. Kalo mw yg tahan lebih lama jg bs dg jerami/daun2 kering, difermentasi 24jam,siap saji,bs tahan puluhan tahun ,asal terlindung dari hujan n matahari. Ini sangat irit,kisaran rp 400/kg,jauh bila dbandingkn dg konsentrat pabrikan yg mencape 5000an, untungnya lagi, kita tdk ngarit/merumput tiap hari,Dg pakan PK19% tsb pnambahan bobot ternak bs 2,5kg/minggu. Sedang sela2 pohon pisang bs kita tanmi jahe,baik dg polybag,konvensional,ataupun dg batako,karna hasilnya ckup lumayan gan. Dg polybag bs panen 20kg/sak,dg cara konvensional bs panen 2kg/rumpun,dg pagar batako ukuran 1,5m x 3m,bs panen 1ton jahe. Tanpa harus beli pupuk,karena utk pupuknya bs dg kotoran domba yg difermentasi,biar cpt bs dimasak/dimakan tumbuhan,smoga manfaat,trmaksih 085 878 664 014 / 085 329 329 575 / 087 848 340 043

    BalasHapus
  9. Artikelnya bagus skali gan,smoga brmanfaat bgi smua umat...Sedikit berbagi dg para peternak yth...Usaha peternakan memang sangat mnjanjikan,karna banyak peluang disana,mulai dari usaha breeding,penggemukan,hingga pembuatan pupuk kandang/pakan ikan dari kotoran ternak tsb. Satu solusi ilmu petrnakan yg mutakhir yaitu dg technology microba matrix,yang dalam prakteknya sangat meringankan biaya produksi para petrnak & petani, juga sangat menguntungkan dunia perikanan. Suatu perubahan sistm pemeliharaan yg dgan cara tradisional dari menanam rumput/merumput/ngangon tiap hari,dg TMM kini kita tidak lagi harus mengaret/merumput tiap hari,kita cukup dg membuat pakan pengganti ternak/PMT kita simpan utk beberapa bulan. Utk itu alangkah baiknya bila satu lahan yg kita plot utk persedaan pakan dg rumput,kita tanmi pohon pisang/gedebog umpamanya,krna disamping kita untung dari hasil panen pisang,kita bisa memanfaatkan gedebognya utk pakan ternak dg difermentasi 1jam sudah jadi,bisa utk pakan puluhan hari,ckup irit karna dg 2btang gdebog bs buat pakan kambing 10ekor/minggu. bahkan kalau kita mau nytok yg tahan lama bisa dg mmanfaatkan damen/jerami/daun2 kering difermentasi 24jam, bs tahan utk pakan puluhan tahun,kita bisa menyetok pakan semau&semampu kita. Bahkan disela2 pohon pisang tsb bisa kita tumpangsari dg jahe misalnya,karna ckup bagus prspeknya,dg pnanaman scara konvensional saja bs menghasilkan1-2kg/rumpun,bila kita menggunakan polybag plastik/karung kita bs panen 16-26kg/sak,apalagi kalau memungkinkan dg batako yg dibuat 4prsgi panjang,akan sngat menghasilkan,krna dg lahan 1,5m x 3m bs panen rimpang jahe 1ton,karna bs kita buat bertingkat,dari penanaman awal setinggi 15cm nti setelah tanam 2-3 bulanan akan tumbuh rimpang yg mengambang,nanti kita uruk 10cm,seiring dg pengurugan tanah kita juga menambah batako yg fungsinya sbg pagar agar media tetap terjaga jangan sampai runtuh, sebulanan kmudian akan tumbuh lagi rimpang baru yg mengambang, saatnya kita urug lagi,bgitu seterusnya,hingga ketinggian semau kita,tentunya smakin tinggi hasilnya akan smakin banyak. Kotoran ternaknyapun bs kita buat pupuk kompos / pakan ikan/pellet,dg difermentasi/non fermentasi...Smua kekurangan & kesalahan mohon maaf,smoga bermanfaat,amiin,terima kasih...085 878 664 014 / 085 329 329 575

    BalasHapus

Pengikut