SALAM KENAL

Assalamu alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Terima kasih sudah mampir ke blog yang sederhana ini.salam sejahtera untuk anda dari saya, dan jangan lupa beri komentar yaaah...

Minggu, 22 Mei 2011

CACI MAKI DAN CEMOOHAN ITU TIDAK AKAN MEMBAHAYAKAN DIRI ANDA

 rumahku masih kampung & banjir

Mantan Presiden Amerika,Abraham Lincoln,mengatakan,"Saya tidak pernah membaca surat-surat cercaan yang di tujukan kepada saya,tidak pernah membuka amplopnya, apalagi membalasnya,karena kalau saya sibuk mengurusi semua itu saya kehabisan waktu untuk berbuat demi rakyatku.
Allah berfirman
(karena itu berpaling kamu dari mereka) [QS.An-Nisa:6]
(Maka ma,afkanlah (mereka)dengan cara yang baik) [QS.Al-Hijr:85]
(Maka berpalinglah (hai Muhammad)dari mereka dan katakanlah: salam
(selamat tinggal)) [QS.Az-Zukhruf:89]

Hasan ibn Tsabit berkata dalam sebuah bait syairnya,

Aku tak peduli apakah kambing hutan mencela dengan kesdihan,
atau tukang cela menghardikku dari balik punggungku.

Maksud Hassan di sini adalah bahwa ucapan-ucapan orang yang suka mencela,yang suka bicara kesana-kemari,yang tak ada yang bisa di banggakan ,dan yang suka menjatuhkan kehormatan orang lain,sama sekali tidak membahayakan dan tidak penting.Semua itu tidak akan memalingkan perhatian orang muslim dan tidak mengusik orang yang berani.

Pemimpin Angkatan Laut Amerika pada Perang dunia ke II adalah seorang yang sangat brilian yang memiliki ambisi untuk menjadi seorang yang masyhur.Dia banyak bergaul dengan bawahannya yang sering mencela,memaki dan meremehkannya.Sampai dia hanya berkomentar "Kini aku memiliki kekebalan untuk menghadapi semua bentuk kritik.Tulang-tulangku telah rapuh dan usiaku telah tua, kini aku tau bahwa ucapan-ucapan seperti itu tidak akan mampu menghancurkan kemuliaan dan tidak akan mampu mencabut pagar benteng yang kuat.

Apa yang di inginkan para penyair itu dariku
di usiaku yang telah lewat empat puluh.

Di sebutkan dari Isa bin Maryam bahwa dia pernah berkata:"Cintailah musuh-musuhmu"
Artinya anda harus memberi ma,af yang luas kepada musuh-musuh Anda agar bisa terhindar dari segala bentuk balas dendam dan kebencian yang mungkin hanya akan menghancurkan hidup anda.

[Dan orang-orang yang mema,afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan] (QS. Ali Imran:134)

Rasulullah pernah berkata, "Pergilah,sekarang kalian telah bebas"

Allah berfirman,

[Pada hari itu tidak ada cercaan terhadap kamu] (QS.Yusuf:92)

[Allah mema,afkan yang telah lalu] (QS.Al-ma'idah:95)

[Dr.Aidh al-Qarni]

3 komentar:

  1. selama apa yang kita kerjakan benar menurut tuntunan Alqu'an dan Hadist serta kaidah umum yang berlaku dimasyarakat no problem orang mo ngomong apa ....oke tad..

    BalasHapus

Pengikut